Unsur Perbuatan Melawan Hukum (PMH) Oleh Penguasa

Disclaimer! “Postingan ini bukan merupakan rujukan informasi hukum positif yang sempurna, namun jawaban atas pertanyaan ini telah dinilai oleh dosen mata kuliah Hukum Administrasi Negara”. Pertanyaan: Apakah sama Perbuatan Melawan Hukum (Onrechtmatige Daad) dengan Perbuatan Melawan Hukum oleh Penguasa (Onrechtmatige Overheidsdaad) ? Kebijakan penguasa seperti apa yang bisa digugat di Pengadilan Negeri ? Jawaban: Dalam […]

Continue Reading →
 

Chatting Berujung Closing #4: 3 Tipe Penjual

Guys, yang lagi baca postingan ini, percaya gak kalau skill menjual (selling skill) itu ternyata ‘bakat alami’ yang sebenarnya setiap orang udah punya? Walau nyatanya Anda gak terjun langsung di bidang penjualan pun, sebetulnya Anda secara nggak ‘ngeh’ akan bersinggungan dengan kejadian jual beli. Mungkin aja Anda sering mengalami kejadian ini, dan Anda gak sadar […]

Continue Reading →
 

Semua Akan “Mudik” Pada Waktunya

Mengawali tulisan ini, saya ingin berbagi ilustrasi sederhana bagaimana kehidupan ini berjalan. Semoga Allah membersamai tulisan ini, aamiin. Sambil ditemani lantunan murotal ayat suci Al-Qur’an, safety belt yang terpasang dengan baik, jarum speedometer mulai bergerak naik menandakan laju kendaraan yang semakin cepat menemani perjalanan kami kemarin. Bikin status mudik biar kaya olang-olang hehe.. Seperti menempuh […]

Continue Reading →
 

Ramadhan Ini, Mulai Aja Dulu

“Abiii, Aku mau sholat tapi 1 rokaatnya Rp.5.000 ya!” Jawaban spontan keluar dari mulut anak berkarakter Sensing usia 8 tahun yang kala itu mulai diajarin sholat sama orang tuanya -_- Kalau kita bahas sholat fardhu aja yang sehari semalam jumlahnya 17 rokaat maka ortunya perlu nyiapin uang Rp. 85.000 per hari, aimaaakkk pemerasan ini hehe.. […]

Continue Reading →
 

Maksiatnya Seorang Hakim Yang Adil

Akan datang hariii, mulut dikunci. Kata, tak ada lagii.. 🎵 Akan tiba masa, tak ada suara, daarii mulut kitaaa.. 🎶 Berkata tangaaan kita, akan apa yang dilakuukannya 🎵🎶 Berkata kakii..iii kita, kemana saja ia melangkahnya.. 🎵🎶 Penggalan lirik lagu dari almarhum Chrisye itu mengingatkan saya pada sebuah kisah hikmah yang pernah disampaikan oleh guru saya […]

Continue Reading →
 

Chatting Berujung Closing #3: Bukan Apa Tapi Siapa

Di tengah kecanggihan era digital ini, idealnya udah gak ada lagi pemilik usaha yang ngeluh stok produknya numpuk karena gak terjual, gak ada lagi calon pengusaha yang bingung mau bisnis apa, dan gak perlu ada lagi pengusaha yang khawatir produknya gak ada yang mau beli. “Don’t find customer for your product, find product for your […]

Continue Reading →